Tutorial Install Cpanel Centos 7 Juli 2019 - cPanel Login

Install Cpanel Centos 7

Untuk install cPanel di dedicated server, VPS, maupun Cloud maka harus menggunakan sistem operasi linux CentOS versi 7. Untuk hemat anggaran maka gunakan VPS CentOs untuk install cPanel sebagai shared hosting...

✔️ Nama Niagahoster
⚜️ Web Resmi https://niagahoster.co.id
💵 Harga Mulai Rp.19.800,00
📉 Garansi 30 hari
🔖 UpTime 99,9
💡 Support 24/7
📚 Pembayaran Bank Lokal Indonesia, GoPay, Indomaret, Kartu Kredit, Paypal
🔍 Diskon 75%
♥️ Kode Promo a-SUPERBOT

Tutorial Install Cpanel Centos 7 Juli 2019 - cPanel Login

Bagi pemilik website, cPanel merupakan kontrol panel paling familiar dan paling populer pada web hosting. Alasannya karena cPanel memiliki interface yang bagus dan cukup mudah digunakan, bahkan kita pada WHM (web hosting manager) kita bisa akses root dan juga mengelola reseller sesuai tingkat.

WHM dan cPanel sudah lengkap fitur-fitur seperti database manager, phpmyadmin, file manager, email, SSL, backup otomatis, dan lain sebagainya.

cPanel Dengan VPS Centos

Untuk install cPanel di dedicated server, VPS, maupun Cloud maka harus menggunakan sistem operasi linux CentOS versi 7 atau 7.2. Untuk hemat anggaran maka gunakan VPS CentOs untuk install cPanel.

Kemudian VPS tersebut harus memiliki IP statis, karena cPanel tidak bisa dijalankan menggunakan IP dinamis dengan DHCP enthernet. Maka dari itu, harus setting agar menggunakan IP statis.

RAM yang digunakan untuk menjalankan cPanel juga harus diperhitungkan, minimal 1 GB dan rekomendasi 2 GB.

Kemudian ruang penyimpanan minimal 20 GB, itupun sangat pres sekali maka dari itu rekomendasinya diatas 40 GB.

Hal yang paling penting adalah akses root, karena tanpa akses ke root maka kita tidak bisa melakukan apapun.

Catatan Sebelum Install cPanel CentOS 7

Setelah semua persyaratan pada VPS CentOS dipenuhi semua, kemudian ada beberapa catatan yang wajib Anda ketahui sebelum install cpanel di linux centos.

Pertama, setelah install cpanel centos 7 maka tidak bisa dihapus dan tidak bisa di uninstall. Karena memang tidak ada cara menghapus cpanel dari linux centos, opsi paling mudah yaitu harus install ulang sistem operasi tersebut.

Kedua, software cPanel adalah sebuah piranti lunak komersil yang memberikan akses cPanel gratis 15 hari trial. Jika ingin menggunakan secara professional, maka Anda harus membeli lisensi cpanel murah 2019.

Ketiga, dengan menggunakan cpanel berarti Anda mempercayakan sepenuhnya server kepada cpanel untuk dilakukan pengelolaan. Maka Anda dianggap sudah membaca licence agreement dan dokumen yang berkaitan dengan itu, serta tunduk dengan persyaratan dari cpanel.

Tutorial Install cPanel Centos 7 2019

Pastiin dulu server vps centos Anda sudah terinstall Perl, karena sebagian cpanel ditulis menggunakan perl. Proses instalasi perl harus masuk sebagai root, kemudian ketik perintah :

yum -y install perl

Selanjutnya harus setting host name untuk server Anda, sebuah nama host yang FQDN (Fully Qualified Domain Name) untuk proses identifikasi server Anda.

Untuk setting nama host, jalankan perintah :

hostname vpscentos.com

Anda bisa mengubah vpscentos.com menjadi nama host yang Anda miliki, dengan catatan harus menyiapkan domain.

Langkah selanjutnya dalam install cPanel 2019 adalah mengubah direktori aktif ke /home dengan perintah

cd /home

Lalu download script installer cpanel dengan menggunakan perintah :

curl -o latest -L https://securedownloads.cpanel.net/latest sh latest

Setelah perintah diatas dijalankan maka akan memulai proses installing cpanel pada server centos Anda, silahkan istirahat terlebih dahulu karena proses memakan waktu setengah jam lebih.

1. Setup cPanel Webhost Manager

Setelah proses selesai maka akan muncul informasi alamat IP server dan port untuk dibuka melalui browser, contoh : https://102.35.284.112:2087

Setelah alamat tersebut dibuka maka harus login terlebih dahulu, kemudian akan muncul langkah 1 yaitu Perjanjian Lisensi Pengguna cPanel kemudian klik Agree.

2. Konfigurasi Jaringan

Lalu langkah 2 yaitu setup jaringan, dengan memasukkan informasi dan alamat email. Email ini sebaiknya tidak di host pada server ini, karena nanti akan ada informasi penting seputar server cpanel Anda.

Kemudian scroll kebawah dan cari kolom hostname, ubah dengan nama host yang baru jika ingin diubah. Namun jika nama host dirasa sudah benar, maka bisa biarkan kolom ini.

Jangan lupa untuk memasukkan DNS Resolvers untuk server vpa centos Anda, karena ini berguna untuk memetakan DNS dari web apa saja. Kalau penyedia layanan yang Anda gunakan mempunyai DNS Resolvers maka cpanel akan otomatis mendeteksinya, namun jika tidak maka isikan saja DNS Publik.

8.8.8.8 DNS Publik Google
208.67.220.220 dan 208.67.222.222 openDNS.

Kemudian masukkan IP Publik atau IP utama server Anda, cpanel akan mendeteksi alamat IP yang dianggap sebagai IP server vps centos Anda.

Simpan dan lanjutkan.

3. Atur Alamat IP

Langkah 3, setting IP address jika server Anda mempunyai lebih dari 1 IP address. Masukkan juga subnet mask serta pilih network interface, klik IP (s) tombol Add jika ingin menambahkan dan lihat bagian bawah untuk daftar IP di server Anda.

Simpan dan lanjutkan.

4. Setting Nameserver

Langkah 4, disini Anda akan melihat pengaturan nameserver. Anda bisa memilih opsi disable jika tidak ingin menggunakan nameserver, namun direkomendasikan memilih BIND.

Ketika ingin menggunakan nameserver ns1.vpscentos.com dan ns2.vpscentos.com maka Anda harus membuat record A pada hostname.

Caranya klik Add dan masukkan IP address kalau tidak otomatis terisi, kemudian simpan.

5. Setting Layanan

Disini Anda akan ditampilkan setting layanan untuk cPanel server vps centos Anda, pertama setting FTP yang terlihat ada dua opsi. Namun kami rekomendasikan gunakan Pure-ftpd.

Pada konfigurasi email pilih dovecot, karena memang direkomendasikan oleh settingan cpanel.

Lalu hal yang harus Anda atur yaitu cPHulk Brute Force Potection dengan mengaktifkan centang, dan pilih Advanced cPHulk untuk menentukan durasi blokir IP pengguna yang salah beberapa kali dalam proses login.

6. File System

Langkah terakhir yaitu penggunaan kuota sistem file, sangat direkomendasikan gunakan fitur ini.

Karena jika Anda nonaktifkan fitur ini, maka Anda tidak bisa melacak disk space untuk setiap user cPanel Anda.

7. Finish Setup Wizard

Step terakhir yaitu klik Finish Setup Wizard, saat ini Anda bisa melihat beberapa fitur baru di cPanel centos Anda. Selesaikan beberapa konfigurasi yang masih tersisa, lalu klik save setting maka semua pengaturan akan tersimpan.

Tampilan dashboard default WHM dari cpanel vpscentos Anda sudah terlihat, Anda bisa langsung membuat user baru untuk melihat tampilan pengguna.

Disana juga Anda bisa setting reseller maupun paket yang disediakan pada hosting yang Anda baru saja buat.

Untuk masuk ke tampilan user cpanel, bisa langsung akses ke https://hostname:2083 maka login page cpanel akan muncul. Silahkan masukkan username dan password cpanel client Anda, maka akan berhasil login.

Pada tutorial install cPanel di VPS Centos ini, sudah sangat jelas dan kami rasa cukup mudah. Karena proses instalasi menggunakan GUI yang user friendly, sehingga Anda bisa memahaminya dengan cepat.

Nantikan tulisan kita tentang owncloud download dan instalasi owncloud 10 centos 7 hanya di website VPScentos.

Terbukti kan, cara membuat shared hosting 2019 sangat mudah dengan modal vps centos dan dibantu dengan cPanel. Selamat mencoba dan semoga sukses.

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan.